Friday 1 May 2020

Pendidikan Sebagai Kunci Penguatan Peran Perempuan

Secara etimologis, dikutip dari magdalene kata perempuan itu memiliki arti “empu, tuan, penyokong, sokong, puan, dan pengampu" yang jika kita tarik lebih jauh lagi memiliki arti dan peran penting dalam kehidupannya sendiri maupun sekitar. Namun pada kenyataannya peran perempuan kerap kali masih dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang.

Pandangan tersebut bukan muncul tanpa alasan, karena sejak dulu peran perempuan seolah dibatasi oleh peran tradisional, seperti memasak didapur, mengurus anak, menjahit dan lain sebagainya. Pola pikir dan cara pandang yang seperti inilah yang harunsya kita ubah dan mulai meyakini perempuan juga mempunyai peran yang sama di masyarakat, bahwa mereka juga memiliki kebebasan untuk memilih jalan untuk hidupnya sendiri.

Kini sudah saatnya setiap insan memiliki hak dan peranannya masing-masing baik laki-laki maupun perempuan. Perempuan mempunyai kesempatan yang sama dalam memilih dan menjalankan peran yang mereka inginkan. Lantas faktor apa yang dapan menunjang perempuan dalam menjalankan perannya?

Pendidikan merupakan faktor utama bagi perempuan untuk menguatkan perannya, dan pada dasarnya mereka memiliki tanggung jawab bagi diri mereka sendiri dan dengan pendidikan pula kita bisa memberdayakan diri menjadi lebih baik.


 R.A Kartini Salah satu tokoh penting yang memperjuangkan hak dan peran perempuan di Indonesia


Pentingnya Pendidikan Bagi Perempuan

Tidak bisa dipungkiri memang masih cukup banyak dari kita yang beranggapan pendidikan yang tinggi merupakan prioritas kesekian bagi perempuan. Mereka yang beranggapan demikian beralasan toh pada akhirnya perempuan berakhir menjadi ibu rumah tangga, untuk apa mengenyam pendidikan yang tinggi. Kesalaha berpikir seperti inilah yang harus kita perbaiki bersama, bahwa pendidikan mempunyai andil yang besar dalam kehidupan perempuan.

Najwa Shihab, “Tak ada pemberdayaan lebih kekal berkelanjutan, tanpa melibatkan perempuan.”.

Menjadi Mandiri

Perempuan yang berpendidikan memliki beberapa keunggulan, salah satunya mereka akan terbiasa menjadi pribadi yang mandiri. Perempuan yang mandiri tidak akan mudah bergantung pada orang lain, dapat menyelesaikannya masalahnya sendiri dengan cepat tanpa harus menunggu bantuan orang lain, dan tidak akan mudah terpengaruh dengan kondisi di sekitarnya yang bisa menghambatnya dalam melangkah. Pendidikan yang tinggi akan menunjang perempuan untuk lebih cakap dan terampil dalam melaksanakan perannya

 Memiliki Nilai

Jika kebanyakan perempuan masih mengesampingkan pendidikan, maka hal itu harusnya tidak berlaku bagi kamu. Untuk menjadi orang yang lebih baik dan bernilai kita harus mempunyai perbedaan dari yang lain, salah satu yang membedakan perempuan satu dan yang lain menurut saya adalah pendidikannya. Ketika seorang perempuan memiliki pendidikan, mereka memiliki nilai lebih dari mereka yang mengesampingkannya. Kamu akan lebih mudah diterima di tempat yang kamu inginkan dan kamu dapat diperlakukan sebagaimana mestinya.

Kehidupan Yang Baik

Perempuan nantinya akan memiliki rumah tangga dan menjadi seorang ibu. Ketika perempuan memiliki pendidikan, sama seperti poin pertama, mereka bisa menjalankan banyak peran tak hanya menjadi ibu rumah tangga, mereka juga bisa secara mandiri memiliki karier dan mempunyai penghasilan sendiri. hal tersebut dapat menunjang kehidupan yang baik dari segi finansial keluarganya.

Ketika datang peran menjadi seorang ibu rumah tangga, andil pendidikan kembali dibutuhkan. menjadi ibu merupakan tanggung jawab yang besar, dengan pendidikan yang dimiliki perempuan mereka bisa mengarahkan dan mendidik anaknya menjadi orang yang berguna dimasa depan.

Seperti yang kita ketahui Ibu merupakan guru yang paling awal sebelum anak menyentuh dunia pendidikan sebenarnya. menurut saya perempuan merupakan salah satu faktor utama atas hadirnya orang-orang besar ke dunia.

Artikel ini ditulis dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional  dan mewujudkan  kesatuan serta kesetaraan untuk setiap warga Indonesia tanpa terkecuali bersama EduCenter

#EduCenterid

Load comments