Sunday 27 July 2014

5 Pesepakbola top dunia yang peduli pada derita Palestina

Meski berbeda keyakinan, mereka tetap menunjukkan bahwa dirinya juga memiliki rasa kepedulian pada sesama umat manusia. Lantas, siapa sajakah pesepakbola top dunia yang mendukung Palestina? Simak ulasannya berikut ini:

1. Cristiano Ronaldo

TOP
Tak mengherankan jika sosok Cristiano ROnaldo melakukan dukungan pada rakyat Palestina. Perang Gaza yang terjadi di sana telah membuat bintang Real Madrid ini tergugah untuk melakukan pergerakan yang berarti.

Pemain berjuluk CR7 ini diketahui menyumbangkan dana 19 miliar rupiah untuk pembangunan sekolah di Gaza. Dana tersebut didapat dari uang hasil lelang sepatu emas miliknya. Tak hanya itu saja, bahkan Ronaldo juga pernah datang ke lokasi untuk mengunjungi para korban perang dan merasakan kepedihan yang sama.

Selain itu, CR7 pernah melakukan aksi protes terhadap Israel. Dia menolak bertukar kostum dengan pemain Israel. Kala itu, Timnas Portugal melawan Israel dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia Grup F. Di akhir pertandingan, pemain Israel mendekati Ronaldo untuk bertukar kostum, namun ia tidak mengindahkan pemain Israel tersebut.

2. Diego Maradona 

MARADONAA

Lain lagi dengan yang dilakukan oleh legenda sepakbola Argentina, Diego maradona. Mantan pelatih tim Tango ini pun mengungkapkan bahwa dia sangat peduli pada rakyat Palestina. Bahkan dengan berani mengungkapkan dia adalah orang nomor satu yang mendukung kebebasan Palestina. Ungkapan tersebut dilontarkan pada tahun 2012 silam kala dia melatih Al Wasl.

Maradona bersimpati dengan perjuangan Palestina karena merasa senasib dengan perjuangan Palestina melawan ketidakadilan. Sebelumnya, pada Agustus 2011 ia menerima dengan antusias kafiyeh (atribut khas Palestina sejenis sorban) dari pendukungnya. Pemilik gol 'Tangan Tuhan' itu juga berjanji suatu saat akan mengunjungi Palestina.
3. Frederic Kanaoute

Kanaoute

Pemain asal Mali ini dikenal cukup getol memberikan dukungan kepada Palestina. Saat bermain di klub Sevilla, Kanaoute pernah melakukan selebrasi gol dengan membuka bajunya dan memperlihatkan kaos dalamnya yang bertuliskan 'Palestine'.

Atas aksinya ini, justru sebuah kartu kuning dan juga sanksi denda dari Federasi Sepak BolaSpanyol (REF) sebanyak 3000 euro dijatuhi kepadanya.
Kanoute sendiri memang seorang pemain sepakbola beragama Islam. Bahkan amal baiknya tidak hanya itu saja. Kanoute pernah membantu seorang pria Muslim Inggris yang cacat dengan menanggung kebutuhan ekstranya demi memastikan pria tersebut dapat menjalankan ibadah puasa sepenuhnya pada tahun 2013 lalu.
4. Mesut Ozil

asd

Sudah bukan rahasia lagi bagi Ozil yang ikut 'berperang' melawan Israel. Pesepakbola muslim ini memang memiliki jiwa sosial yang tinggi, khususnya pada sesama Muslim.

Bintang Arsenal ini punya cara tersendiri sebagai bentuk dukungan terhadap rakyat Palestina dan mengecam aksi Israel. Gelandang timnas Jerman ini mengunggah sebuah foto bocah korban serangan di jalur Gaza melalui akun instragam miliknya officialmesutozil10.
Kabar lain mengungkapkan bahwa dia menggunakan bonusnya setelah menang Piala Dunia 2014 untuk membantu korban Gaza.
5. Ronaldo Luiz

r

Seorang legenda sepakbola asal Brasil, Ronaldo Luiz juga tak ketinggalan mendukung kebebasan rakyat Palestina. Bentuk dukungan Ronaldo adalah dengan datang ke Palestina untuk melakukan kunjungan pada mereka yang menjadi korban kekejaman Israel beberapa tahun lalu.

Sumber : Merdeka.com

Load comments