Friday, 23 May 2014

Ini 4 wilayah NKRI yang pernah diklaim Malaysia

Ini 4 wilayah NKRI yang pernah diklaim Malaysia - Berikut ini 4 wilayah yang pernah diklaim oleh malaysia. Beberapa wilayah itu ada yang masih berstatus sengketa, ada pula yang dimenangkan oleh Malaysia:

1. Pulau Sipadan
Bagi Indonesia, Sipadan merupakan wilayah pulau kecil yang berada di wilayah NKRI. Pulau ini lokasinya tak jauh dari pulau Kalimantan/Borneo (di sebelah utara pulau Tarakan, Kalimantan Timur). Pulau ini pernah disengketakan antara Indonesia dan Malaysia hingga akhirnya masuk ke Mahkamah Internasional.

Namun Mahkamah Internasional memutuskan bahwa Malaysia dianggap lebih dominan daripada Indonesia dalam mengelola pulau ini, kemudian menjadi bagian wilayah Malaysia pada tahun 2003 akan tetapi ICJ gagal dalam menentukan batas di perbatasan laut antara Malaysia dan Indonesia di selat Makassar.




2. Pulau Ligitan
Bersama Sipadan, pulau Ligitan juga dipersengketakan antara Indonesia dan Malaysia sampai ke Mahkamah Internasional. Ligitan adalah sebuah pulau kecil di ujung timur laut pulau Kalimantan/Borneo. Pulau ini luasnya sekitar 7,9 hektare.

Dari sejarahnya, Ligitan merupakan wilayah kesatuan Republik Indonesia, tapi diklaim oleh Malaysia. Karena lemahnya argumentasi hukum Indonesia, pulau ini beserta Pulau Sipadan diputuskan menjadi wilayah Malaysia pada 17 Desember 2002 oleh Mahkamah Internasional.

3. Blok Ambalat
Ambalat adalah blok laut luas mencakup 15.235 kilometer persegi yang terletak di Laut Sulawesi atau Selat Makassar dan berada di dekat perpanjangan perbatasan darat antara Sabah, Malaysia, dan Kalimantan Timur, Indonesia.

Penamaan blok laut ini didasarkan atas kepentingan eksplorasi kekayaan laut dan bawah laut, khususnya dalam bidang pertambangan minyak. Blok laut ini tidak semuanya kaya akan minyak mentah. Blok Ambalat ini kini disengketakan antara RI-Malaysia.

Malaysia mengklaim wilayah Ambalat masuk dalam wilayahnya. Padahal, wilayah ini merupakan wilayah sah NKRI. Seperti dikatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat masalah ini memanas pada 2005 silam.

"Kasus Ambalat misalnya, wilayah yang disengketakan itu bagi Indonesia adalah sah milik RI. Karena itu kita akan melakukan cara-cara yang cerdas dan efektif untuk melindungi keutuhan wilayah kita," katanya.

4. Perairan Sambas
Ini berita paling anyar. Meski perairan Tanjung Datuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas di Kalimantan Barat sampai kini masuk wilayah perairan manusia, tapi Malaysia juga mengklaim daerah itu miliknya. Negeri jiran itu kemarin mengirim kapal hendak membangun mercusuar di wilayah itu.

Namun Pemerintah RI tidak tinggal diam. TNI AL langsung turun memantau kabar itu dan menghentikan aktivitas pembangunan mercusuar yang dilakukan Malaysia.

"Perkembangan terakhir kita sudah berupaya langsung cek ke sana. Kita usir," kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir kepada merdeka.com, Rabu (21/5).

Sumber : http://www.merdeka.com/peristiwa/ini-4-wilayah-nkri-yang-pernah-diklaim-malaysia.html
 berkomentarlah yang sopan :D !

62 komentar

Malaysia Memang Kurang Ajar :3
Kaya Ga Punya Pula Aja
Dasar :D

wah pulau ligitan lumayan bagus tuh gan, semoga tidak diklaim lagi :)

Ligitan udah jadi wilayah malaysia bro ;(

wah keren juga ya pulau yang diklam malasya thanks udh share gan ane jadi tau skrg

iya gan keren2 tapi diklaim sama malaysia

Padahal pulau sipadan indah gan :(

Perairan Sambas memang menjadi perdebatan karena letak wilayahnya yg berdampingan dengan malaysia..
Kurang kerjaan banget negaranya suka meng-Klaim yg bukan miliknya..

iya gan katanya malaysia juga hendak membangun mercusuar disana... :3

indah si indah gan, tapi udah jadi milik malaysia :(

Pinter Banget Tuh yang Di Klaim Cuma Wilayah yang Pemandangannya Indah2 ..
Thanks Gan Infonya ...

orang nge-klaim kok dibilang pinter -_-

gile pulaunya indah banget..
kamfret dah alaysia :3 bisanye cuma nyolong :v

kamfret emang, tukang nyolong.. :v

sialan th malaysia gan :(

malaysia, ngaku negara kaya tapi miskin -_-

Semoga aja pemerintah lebih protect sekarang karna kasus ini

malaysia memang kurang ajar..
ini wilayah punya indonesia ngapain di aku aku

Malaysia memang biadab tuh, bukan miliknya diaku-akuin

Menarik juga. terima kasih informasinya
ditunggu kunjungan baliknya
http://bloggerindopemula.blogspot.com/
http://sonihaji.com
http://bisniskliksaya.blogspot.com/

wah lengkap nih linknya gan hehe, lain kali jangan komen pake link lagi ya gan...

memang kurang hajar malysia ya,,

ini juga karena pemerintah kurang memperhantikan banyaknya pulau di indo dan mereka tidak berusaha menjaga, akhirnya di klaim deh oleh negara lain

ane setuju sama ente gan... :D

wah, padahal indah banget ya tempatnya.. perlu waspada kedepannya... indonesia harus bersatu, ingat itu :-)

ane setuju sama ente gan....

indahnya indonesia ..
malah diklaim

WAh lumayan kang buat Pengetahuan !!!

sabar aja gan, mangkanya kedepan indonesia harus lebih bersatu [pidato :v] :3 :D

presiden yang akan datang semoga ga ngulang kesalahan yg dulu dulu. Pulau pulau kita dicaplok negara tak bermartabat

ane setuju sama ente gan.. :D

kayanya malaysia ngajakin perang :) kwkwkw :D boleh juga beritanya nih gan :)

waduh malaysia bikin masalah lagi :(

sabar gan sabar, jangan emosi :v :)

kurangnya perhatian pemerintah terhadap nasib pulau kecil dan saudara2 kita di timur sana

Malaysia mulai berulah.

waduh, mudahan saja bisa dikuasai lagi oleh indonesia bro :D

Malaysia oh Malaysia. Indonesia OkOK

Emang dari duru kalim indonesia mulu itu gan haha

yang salah otu pemerintahnya -_- seharusnya pemerintah indonesia lebih tegas agar negara lain takut :D

Indonesia terlalu lembek, kurang ketegasan, malaysianya juga tidak tahu malu, main ngaku-ngakuin aja :D

ane setuju dengan ente gan :)

gimana bisa ngurusin daerah teritorial, kalau para pejabatnya aja sibuk memperkaya diri sendiri dengan jalan korupsi. -_-", kita asik mencaci negara lain.. tanpa melihat kondisi negara sendiri.. malaysia saja sudah jadi negara maju, tp indonesia masih jd negara berkembang sampe sekarang.. untuk saat ini penghasil devisa tertinggi adalah dari para TKI dan sebagian besar TKI dikirim ke malaysia itu artinya betapa sulitnya mencari pekerjaan di negara sendiri, sampai harus mencari pekerjaan dinegara lain.

Yang saya tau tadinya hanya pulau ligitan dan sipadan, tetapi ternyata ada juga pulau lainnya yang diklaim

saya khawatir pangkalan udara militer ameri di autrali...
kalo di rodal cuman btuh 2menit'an...

Kalo presiden kita sudah prabowo, pasti di ajak perang tuh malaysia .. emang asem banget nih malaysia .. -,-

kunjungan perdana gan :D salam kenal ..

thanks gan kunjungannya,
salam kenal juga :D

pada dasarnya mereka rakus! Mencuri hampir di segala bidang. PEmerintah kita harusnya lebih tegas dalam menindik eh menindak :v

malaysia masih gak puas sama negaranya sendiri, malah maling pulang negara lain :v

Malaysia ini kebanyakan main curi2 aja pulau2 milik kita... jaman jokowi sekarang, coba kalau berani...

This comment has been removed by a blog administrator.

indonesia yg salah...

Ternyata malaysia baik ya mau ngurusin pulau indonesia yang tidak di urus sama pemerintah indonesia, sebenarnya si ya yang goblok pemerintah indonesia dia hanya fokus kepada daerah yang sudah banyak penduduknya, indonesia gila pembangunan, gua tidak bangga menjadi warga negara indo tapi gua bangga kepada pahlawan indo yang telah bikin kita merdeka.

Awas aja kalau masih ada yg diklaim lagi, kita semua harus bersatu untuk mempertahankan keutuhan wilayah NKRI. Dan ini juga jadi pelajaran bagi pemerintah kita, untuk selalu mengelola, memantau, mengawasi, dan memperindah daerah perbatasan agar hal hal sperti ini nggk trjadi lagi.. 😃😃

Dari jaman nenek moyang keturunan saya sampai ke saya sendiri. Saya sudah di ajarkan untuk bersikap tegas kepada malaysia. Karena negara ini selalu berbuat yang tidak masuk akal.!
Maka dari itu hampir warga pulau jawa tidak begitu suka sikap malaysia yang semena-mena itu.
Semoga pemerintahan Jokowi-JK bisa memperhatikan semua pulau di Indonesia supaya tidak sesuka mereka atau di Klaim Malaysia.
karena dalam hati saya yang terdalam membenci malaysia akan terus ada. tetapi kalau pemduduk mereka ramah kepada saya / kita. saya akan balas dengan ramah. Karena mereka hanya mengikuti pemimpinnya sahaja. jadi sikap mereka seperti pemerintahnya.
Seandainya pejuang malaysia dulu yang ingin menggabungkan Malaysia dengan Indonesia di setujui pemerintah mereka pasti kita akan bersatu sesama bangsa serumpun. Tetapi pejuang mereka tidak di hormati pemerintahnya! Dan pemerintah lebih suka berdiri sendiri dan mengibarkan bendera sendiri..
Padahal kalau dulu mereka bergabung dengan kita, mereka tak akan jadi negara di bawah kekuasaan Britania / Inggris.
Kesannya Rendah dan Hina Negara ada di bawah negara. Seharusnya negara berdiri dengan sendirinya tanpa ada pemimpin di atasnya. seperti negara federasi malaysia ini di pimpin negara britania/inggris.
walaupun soal ekonomi mereka lebih maju dari Indonesia. tapi mereka ekonominya setiap tahun harus membayar ke negara pusatnya yaitu Inggris.
lebih baik seperti kita ini perlahan-lahan maju tanpa kita sadari.
karena kita negara besar untuk maju butuh proses yang lama karena keluasan wilayah kita. sampai pemerintah kita kesulitan mengaturnya..
tidak seperti Malaysia negara yang luasnya tidak seperti ibukota kita yaitu Jakarta.
coba kalian lihat Jakarta & Malaysia. masih Luasan Jakarta. padahal kalau kita lihat Jakarta baru Ibukota sahaja. bagaimana keseluruhannya... tak terduka!! makanya wajar sahaja kalau mereka selalu berbuat ulah dan mengKlaim wilayah indonesia yang kaya akan segalanya ini..
dan coba ingat masalalu. Sabah & Sarawak, dari Malaysia. Ingin bergabung dengan Indonesia. tatapi di tahan pemerintah Malaysia. padahal mereka hanya negara Federasi. jadi kalau suatu saat ada negara bagian ingin memisahkan diri itu sudah hak mereka tanpa di tahan-tahan..
karena Sabah & Sarawak termasuk Wilayah pulau Kalimantan jadi mereka ingin bersatu dengan saudara mereka yang ada di Indonesia.

semoga Malaysia cepat sadar akan segala perbuatannya.. Amiin ya allah :)


EmoticonEmoticon