Wednesday 14 May 2014

5 Negara Raksasa Sepakbola dengan Populasi Penduduk Terkecil

Deskripsi
Kuantitas tidak menentukan kualitas. Hal itu rupanya juga berlaku di sepakbola. Simak saja, ada beberapa negara yang memiliki populasi penduduk tergolong kecil namun punya timnas tangguh sekaligus berprestasi, negara mana saja itu? Berikut dikutip dari BolaHore.com 5 Raksasa Sepakbola dengan Populasi Penduduk Terkecil

5. Belanda
Negara yang pernah menjajah Indonesia ini hanya memiliki populasi penduduk 16.88 juta. Tapi kalau soal sepakbola, jangan ditanya. Belanda punya kompetisi yang kuat sekaligus termasyur.
Dari sana lahir banyak pemain-pemain top seperti Arjen Robben, Robin van Persie, Wesley Sneijder dan Rafael van der Vaart. Di masa lalu, Der Oranje juga punya bintang papan atas macam Frank Rijkard, Ruud Gullit dan Marco van Basten.
Belanda hanya sekali meraih trofi, yakni pada Piala Eropa 1988. Catatan emas lain juga pernah digoreskan di antaranya melaju ke partai puncak Piala Dunia 1974, 1978 dan 2010.

4. Belgia
Negara tetangga Belanda ini juga punya kualitas sepakbola mumpuni meski hanya berpenduduk sekitar 10,77 juta. Memang mereka cuma sekali menjajak final Piala Eropa 1980, tapi melihat talenta-talenta yang ada sekarang, bukan mustahil mereka bisa mengukir tinta emas sejarah di masa mendatang.
Lihat saja di skuad timnas Belgia yang kini dihuni nama-nama seperti Vincent Kompany, Eden Hazard dan Marouane Fellaini.

3. Portugal
Nama-nama seperti Cristiano Ronaldo, mendian Eusebio, Luis Figo dan Rui Costa bisa jadi jaminan bahwa Portugal adalah salah satu timnas sepakbola terbaik. Hanya dihuni oleh sekitar 10,77 juta jiwa, Portugal selalu tampil menggebrak dalam setiap turnamen internasional yang diikuti.
Percapaian terbaik Seleccao das Quinas adalah menjadi peringkat ketiga di Piala Dunia 1966 serta runner up Piala Eropa 2004 silam.

2. Kroasia
Kroasia adalah negara terkecil kedua dari jazirah Balkan. Tak heran jika mereka hanya memiliki populasi penduduk sekitar 4,29 juta.
Tapi dari perspektif sepakbola, tak salah jika menyebut Kroasia sebagai negara besar. Acuannya jelas. pada 1998 lalu, mereka berhasil menyabet predikat jago nomor tiga di pentas Piala Dunia dengan pemain-pemain seperti Davor Suker, Zvonimir Boban serta Robert Prosinecki.
Di masa sekarang, generasi emas Kroasia kembali muncul. Ada nama-nama seperti Luka Modric, Matteo Kovacic dan Mario Mandzukic yang siap kembali mengukir prestasi bagi negaranya.

1. Uruguay
Dua gelar juara Dunia dan tiga kali menjadi peringkat ketiga di pentas Piala Dunia sudah cukup membuktikan bahwa Uruguay merupakan tim besar. Tapi tahukah Anda bahwa negera Amerika Latin ini cuma dihuni oleh sekitar 3,28 juta.
Bicara soal pemain, Uruguay juga punya stok mumpuni. Ada pemain bintang seperti Diego Forlan, Luis Suarez, dan Edinson Cavani.
Bicara soal prestasi dan amunisi tim, mungkin lima negara di atas masih kalah dari negara raksasa sepakbola seperti Spanyol dan Brasil. Tapi jika patut dicatat juga, dua negara itu punya populasi yang jauh lebih besar, Spanyol dihuni oleh 47.27 juta jiwa sedangkan Brasil dihuni 198.7 jiwa.

Load comments